Telah dilaksanakan OSMB dan PKBJJ UT Tarakan wilayah Kaltara Masa 2022.1

Universitas Terbuka Tarakan melaksanakan kegiatan OSMB dan PKBJJ secara Luring di 5 Kabupaten Kota diantaranya : Kota Tarakan, Kabupaten Bulungan, Kabupaten Nunukan, Kabupaten Malinau dan Kabupaten Tana Tidung. Adapun jumlah peserta yang hadir dari Kota Tarakan 115 orang, Bulungan 92 orang, Nunukan 82 orang, Malinau 41 orang dan KTT 18 orang.

Kegiatan OSMB sebagai pengenalan proses belajar di perguruan tinggi. Materi yang disajikan pada kegiatan OSMB menekankan pada seluruh layanan yang diberikan UT kepada mahasiswa agar mahasiswa dapat menjalankan proses belajar mandiri. OSMB juga memberikan penjelasan mengenai layanan dan fasilitas pendukung lainnya serta, strategi belajar di Universitas Terbuka. Melalui kegiatan Orientasi Studi Mahasiswa Baru ini diharapkan setiap mahasiswa memiliki pemahaman tentang sistem pembelajaran serta membantu mahasiswa baru khususnya dalam memantapkan kesiapan dan keterampilan belajar di UT serta keberhasilan dalam ujian hasil belajar.

Sedangkan Dalam kegiatan Pelatihan Keterampilan Belajar Jarak Jauh (PKBJJ) mahasiswa baru dilatih agar memiliki wawasan dan sikap serta keterampilan belajar mandiri mulai dari mahasiswa merencanakan dan membuat jadwal belajar mingguan yang realistis serta belajar bertanggung jawab dengan menerapkan target kegiatan belajar setiap akhir minggu untuk setiap mata kuliah. Mahasiswa juga diajarkan menerapkan strategi belajar efektif melalui keterampilan membaca secara cepat dan efektif dan merekam hasil baca dengan menggunakan teknik SQ3R, dan mampu mengembangkan peta konsep atau mind mapping sebagai produk dari merekam hasil baca.

Dalam setiap kegiatan yang dilakukan tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai arahan setiap daerah. Antusias mahasiswa baru mengikuti kegiatan sangat baik akibat beberapa tahun ini kegiatan dilakukan secara online, dengan adanya OSMB dan PKBJJ luring mahasiswa bisa langsung hadir dan benar-benar bisa terlibat langsung di setiap kegiatan. Sehingga mahasiswa baru tidak tertinggal informasi dan sangat tepat dalam penerimaan informasi.