DIPLOMA/SARJANA S1

PENDAFTARAN

         Pendaftaran merupakan proses pencatatan calon mahasiswa dengan kelengkapan berkas persyaratan yang ditentukan dan belum memperoleh Nomor Induk Mahasiswa (NIM). Sedangkan Registrasi merupakan pencatatan atas mata kuliah yang akan ditempuh mahasiswa yang sudah melakukan pendaftaran dan memenuhi persyaratan.

         Proses pendaftaran merupakan pencatatan Data Pribadi (DP) mahasiswa. Pencatatan DP hanya dilakukan satu kali selama menjadi mahasiswa. DP calon mahasiswa baru dicatat berdasarkan isian formuliar Data Pribadi (F-1E). Pengisian DP harus dilakukan dengan lengkap dan benar sesuai petunjuk yang terdapat pada formulir tersebut. Kesalahan DP akan mengakibatkan berbagai masalah administrasi akademik selama studi.

 

PERSYARATAN PENDAFTARAN CALON MAHASISWA

a. Persyaratan umum calon mahasiswa

  1. Fotocopy ijazah SLTA atau sederajat/D1/D2/D3 legalisisr stempel basah 1 lembar.
  2. Fotocopy KTP (identitas kependudukan).
  3. Berasal dari Program Studi terakreditasi BAN PT atau memiliki SK Izin Operasional DIKTI (lihat: https://banpt.or.id/direktori/prodi/pencarian_prodi) atau Izin penyelenggaraan dan Akreditasi Program Studi dari Kementerian Agama bagi calon mahasiswa dengan ijazah Diploma atau Sarjana.
  4. Mengisi Form Pendaftaran (Pendas(PGSD/PGPAUD), Non Pendas)
  5. Mengisi surat pernyataan untuk tidak pindah layanan dari SIPAS ke NON SIPAS atau sebaliknya

b. Persyatan Khusus Mahasiswa FKIP

  • ​harus berstatus sebagai guru dengan pengalaman mengajar minimal 1 tahun (kecuali calon mahasiswa Program Studi Teknologi Pendidikan tidak harus berstatus guru) dengan rincian sebagai berikut.
  1. Program S1 PGSD; berstatus sebagai guru dan memiliki surat berpengalaman mengajar sebagai Guru SD/MI minimal 1 tahun dari yayasan/dinas/kepala desa/lurah.
  2. Program S1 PGPAUD; berstatus sebagai guru dan memiliki surat berpengalaman mengajar sebagai Guru di Lembaga PAUD minimal 1 tahun dari yayasan/dinas/kepala desa/lurah.
  3. Program S1 Pendidikan Biologi, Pendidikan Kimia, Pendidikan Fisika, Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Kewarganegaraan, Pendidikan Ekonomi, mahasiswa berstatus sebagai guru mata pelajaran di SLTP/SLTA atau di lembaga Pendidikan lainnya.
  • Fotocopy Ijazah Sarjana/ D-IV untuk calon mahasiswa Program  S1 PGSD/PGPAUD Masukan Sarjana.
  • Fotocopy Ijazah D-I/D-II/D-III atau Sertifikat Guru Pendamping Muda/D-II Pendidikan/D-II PGTK/ D-II PGTKI untuk calon mahasiswa S1 PGPAUD.
  • Fotocopy Ijazah Sarjana/DIII untuk calon mahasiswa Program S1 Pendidikan Biologi, S1 Pendidikan Fisika, S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, S1 Pendidikan Bahasa Inggris, S1 Pendidikan Kimia, S1 Pendidikan Matematika.

CARA MENDAFTAR MENJADI MAHASISWA BARU

Untuk mendaftar menjadi mahasiswa baru dapat dilakukan melalui 2 cara:

  1. Mendaftar melalui Pengurus Kelompok Belajar (Pengurus POKJAR) wilayah masing-masing (Kabko/Kecamatan/Pokjar);
  2. Mendaftar secara online.

LANGKAH-LANGKAH MENDAFTAR SECARA ONLINE:

  1. Calon Mahasiswa wajib memiliki akun email (gmail) aktif yang akan digunakan untuk mendaftar.
  2. Isi semua Form Pendaftaran yang dapat di unduh melalui submenu Pendaftaran&Registrasi lalu pilih Formulir Pendaftaran (Diploma/S1)
  3. Scan dahulu semua Berkas/Form Pendaftaran dalam format Jpg.
  4. Klik Register Akun pada halaman sia.ut.ac.id
  5. Klik Register Calon Mahasiswa UT.
  6. Isi form register (Nama, Email (gmail), Password (8digit -->mix huruf & angka) untuk diingat ketika akan masuk ke akun sia.ut.ac.id)
  7. Setelah isi form register silakan klik Register.
  8. Buka email (gmail) yang sudah didaftarakan untuk melakukan verifikasi email yang dikirim dari akun sia.ut.ac.id
  9. Lalu klik “Link Verifikasi” pada email (gmail) tersebut.  Link ini hanya berlaku selama 3X24 Jam,  jika melebihi dari tenggang waktu maka calon mahasiswa dapat melakukan registrasi ulang. Jika berhasil otomatis calon mahasiswa akan mendapatkan akun.
  10. Setelah berhasil calon mahasiswa mengisi Form Data Pribadi (DP), berkas yang harus diupload adalah Pasfoto uk.4x6, Ijazah(legalisir stempel basah), KTP; semua discan dalam format jpg masing-masing Max.uk (1MB). 
  11. Jika sudah berhasil Klik "Link ini" untuk mendapatkan Lembar Informasi Pembayaran (LIP) Admisi Pendaftaran.
  12. Kemudian cetak lembar LIP Admisi tersebut untuk dibayarkan disalah satu Bank (BRI, Bank Mandiri, BNI, dan BTN).  

Catatan: Jika mengalami kendala silakan hubungi WA UT Tarakan (082210000905)