Wisuda Periode II Tahun Akademik 2020/2021: “Mewujudkan SDM Unggul melalui PTTJJ di Era New Normal”

 


Universitas Terbuka (UT) kembali menggelar acara wisuda secara daring yang sempat di tunda dikarenakan makin meningkatnya Pandemi Covid19. Alhamdulliah, pada hari ini Selasa (30/11/2021)  Pada Wisuda Periode II Tahun Akademik 2020/2021 yang dihelat pada masa Pandemi Covid-19 ini  sebanyak 38956 wisudawan resmi  menyandang gelar akademiknya setelah lulus studi dari jenjang Diploma, Sarjana dan Pasca Sarjana, termasuk juga  128 orang wisudawan yang berdomisili di Luar Negeri. Adapun jumlah perwakilan dari setiap UPBJJ, yang mengikuti kegiatan wisuda ini secara daring adalah Tahap  123 sebanyak 1.000 wisudawan.
Para wisudawan/wisudawati  merupakan dari lulusan Fakultas Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FHISIP), Fakultas Sains dan Teknologi (FST), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Ekonomi (FE), serta lulusan Program Magister.
Khusus UPBJJ –UT Tarakan perwakilan  ada 13 wisudawan/wisudawati yang tersebar di daerah masing-masing ,  5 wisudawan/wisudawati  yang ada di Tarakan mengikuti dikantor UPBJJ-UT Tarakan, dan 8 wisudawan/wisudawati  daring masing-masing tempat yang tersebar di Kab. Nunukan, Kab.Bulungan, Kab. Malinau dan Kab. Tana Tidung . Pada kesempatan wisuda  ini  Direktur UT Tarakan Bapak Rahmaddian, S.E.,M.M  memberikan Sambutan Selamat kepada para Wisudawan/Wisudawati  secara  daring.
Dalam sambutannya, Rektor UT Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D. mengucapkan selamat kepada para wisudawan. Prof. Ojat Darojat  juga berharap wisuda dalam jaringan ini tidak mengurangi makna dan kebahagiaan sebagai momen penting  atas capaian prestasi akademik di UT. Dalam wisuda ini Rektor UT mengangkat  tema “Mewujudkan SDM Unggul melalui PTTJJ di Era New Normal”  karena Indonesia memiliki tantangan  dan membutuhkan SDM  yang  unggul, berfikir secara kreatif dan inovatif menghadapi Era New Normal yang bisa memotivasi wisudawan dimanapun berada.
Dilanjutkan dengan Penandatanganan Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding, /MoU) antara UT dengan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) tentang Peningkatan Kompetensi Sumber Daya Manusia Melalui Pendidikan Tinggi Terbuka dan Jarak Jauh Universitas Terbuka yang ditandatangani oleh Ketua KONI Pusat Letjen TNI (Purn) Marciano Norman dengan Rektor UT.
Kondisi pandemi ini menjadi tantangan untuk para wisudawan, tapi Rektor percaya bahwa wisudawan bisa menjdi pionir untuk bangsa ini, UT menjadi pelopor pembelajaran jarak jauh dan jumlah alumni lebih dari seribu mahasiswa.