Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Meresmikan Gedung Baru UT Tarakan

Tepat pada tanggal 24 Agustus 2021, Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Drs. H. Zainal A. Paliwang SH. M.Hum., meresmikan gedung baru UPBJJ-UT Tarakan, turut mendampingi Wakil Rektor Bidang Pengembangan Institusi dan Kerja Sama  (Warek IV) Rahmat Budiman, S.S., M.Hum., Ph.D., dan Kepala UPBJJ-UT Tarakan Rahmaddian, S.E., M.M., serta Walikota Tarakan dr. Khairul, M.Kes. dan Bupati seluruh Kaltara beserta perwakilan daerah.

Selain dilaksanakan secara offline acara peresmian gedung baru UT Tarakan juga dilaksanakan secara virtual melalui zoom meeting, video streaming youtube UT Tarakan, juga live dari televisi lokal Tarakan TV. Pada virtual zoom meeting juga diberi sambutan oleh Rektor Universitas Terbuka Prof. Drs. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D., dan dihadiri tamu undangan virtual serta para mantan kepala UT Tarakan yakni Dr. Sofjan Aripin, M.Si., dan Dr. Milwan, S.Sos., M.Si.

Universitas Terbuka Tarakan telah hadir dari tahun 2016 hingga saat ini di wilayah Kalimantan Utara tepatnya di kota Tarakan dengan wilayah strategis dan terjangkau. Selain acara peresmian gedung baru UPBJJ-UT Tarakan juga dilakukan penandatanganan memorandum of understanding (MoU) antara UT dengan pemerintah kabupaten/kota dalam pengembangan SDM, juga meningkatkan angka partisipasi kasar perguruan tinggi di wilayah Kalimantan Utara.

Dengan adanya peresmian ini juga dapat mendorong minat masyarakat dari segi perkembangan kualitas dalam meningkatkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Gubernur juga menyampaikan pendidikan tertinggi yang berkualitas tidak hanya dari perguruan tinggi, tetapi menjadi tanggung jawab bagi pemerintah daerah setempat. Melalui peresmian gedung baru UT ini optimis akan bisa membantu untuk menambah jumlah mahasiswa UT kedepannya. Pendidikan tertinggi yang berkualitas akan memberikan kontribusi yang terbaik di wilayah Kaltara.