Pelaksanaan OSMB dan PKBJJ UT Tarakan Masa 2021.1 Serentak dibeberapa Wilayah Kaltara Secara Virtual

Universitas Terbuka Tarakan telah menyelenggarakan kegiatan EKBM (Edukasi Ketrampilan Belajar Mandiri) secara virtual yang terdiri atas Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB) dan Pelatihan Keterampilan Belajar Jarak Jauh (PKBJJ) Masa 2021.1 kepada mahasiswa baru. Kegiatan tersebut diselenggarakan pada 13-14 Maret 2021. Rangkaian acara EKBM yang dibuka oleh Direktur UT Tarakan, Rahmaddian, S.E., M.M., diikuti dengan antusias oleh mahasiswa baru.

Kegiatan OSMB masa 2021.1 UPBJJ UT-Tarakan diselenggarakan hari Sabtu, 13 Maret 2021. OSMB merupakan kegiatan pengenalan mengenai proses belajar di perguruan tinggi. Khusus di UT yang menerapkan sistem belajar jarak jauh, maka OSMB di UT ditekankan pada proses belajar mandiri. Adapun tujuan OSMB bagi mahasiswa UT adalah:

  1. Mengenal dan memahami lingkungan UPBJJ - UT dan UT sebagai suatu lingkungan akademis serta memahami mekanisme yang berlaku di dalamnya.
  2. Menambah wawasan mahasiswa baru dalam penggunaan sarana akademik yang tersedia di UPBJJ - UT secara maksimal.
  3. Memberikan pemahaman awal tentang wacana kebangsaan serta pendidikan yang mencerdaskan berdasarkan pada nilai - nilai kemanusiaan.
  4. Mempersiapkan mahasiswa agar mampu belajar mandiri di UT serta mematuhi dan melaksanakan norma - norma yang berlaku di UT, khususnya yang terkait dengan Kode Etik dan Tata Tertib Mahasiswa.
  5. Menumbuhkan rasa persaudaraan kemanusiaan di kalangan civitas akademika dalam rangka menciptakan lingkungan UPBJJ - UT yang nyaman, tertib, dan dinamis.
  6. Menumbuhkan kesadaran mahasiswa baru akan tanggungjawab akademik dan sosialnya sebagaimana tertuang da lam Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Kegiatan PKBJJ masa 2021.1 UPBJJ-UT Tarakan diselenggarakan pada hari Minggu, 14 Maret 2021. Kegiatan PKBJJ melibatkan 3 orang instruktur yang akan dibagi ke dalam 3 kelas virtual. Instruktur yang ditunjuk telah dilatih dan memiliki sertifikat melalui pelatihan instruktur PKBJJ. Instruktur yang terlibat adalah :

  1. Nofvia de Vega, M.Pd.
  2. Dwi Cahyono, M.Pd.
  3. Siti Sulistiyani, M.Pd.

 

Instruktur menyampaikan materi PKBJJ yang merupakan pondasi mahasiswa dalam melakukan pembelajaran mandiri. Adapun materi inti tersebut adalah :

  1. Pelatihan membuat rencana belajar, target dan realisasi belajar
  2. Pelatihan cara tepat membaca dan merekam hasil baca
  3. Mempersiapkan Ujian Akhir Semester

Secara garis besar, pada materi pelatihan membuat rencana belajar, target, dan realisasi kegiatan belajar, mahasiswa dituntut untuk dapat membuat jadwal belajar mingguan yang realistis, serta belajar bertanggung jawab dengan menetapkan target dan realisasi kegiatan belajarnya setiap akhir minggu untuk setiap mata kuliah. Pada materi pelatihan cara tepat membaca dan merekam hasil baca, mahasiswa diajarkan bagaimana cara membaca cepat melalui teknik SQ3R, dan mampu mengembangkan peta konsep ataupun mind mapping sebagai produk merekam hasil baca.

created by Efraim Bavo.