Universitas Terbuka Raih Akreditasi A dari BAN-PT pada Juli 2024

Universitas Terbuka Raih Akreditasi ‘A’ dari BAN-PT

Pada tanggal 2 Juli 2024, Universitas Terbuka (UT) dengan bangga mengumumkan bahwa mereka telah memperoleh Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) ‘A’ dari Badan Akreditasi Nasional – Perguruan Tinggi (BAN-PT). Prestasi ini dicapai setelah proses yang panjang dan penuh tantangan.

UT berhasil meraih peringkat ini melalui upaya keras dalam mengelola pendidikan tinggi jarak jauh di seluruh Indonesia. Mengelola institusi pendidikan yang sangat besar ini bukanlah tugas yang mudah, namun UT berhasil membuktikan kualitasnya

Proses Akreditasi

Proses akreditasi ini melibatkan penilaian berdasarkan instrumen akreditasi 7 standar khusus Pendidikan Jarak Jauh (PJJ). Beberapa aspek yang dinilai meliputi:

  • Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran
  • Tata Kelola dan Kerja Sama
  • Mahasiswa
  • Sumber Daya Manusia
  • Keuangan dan Sarana Prasarana
  • Pendidikan
  • Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
  • Capaian dan Luaran

Proses reakreditasi APT UT terdiri dari dua tahap yaitu Asesmen Kecukupan dan Asesmen Lapangan. Setelah memenuhi tahap Asesmen Kecukupan, pada tanggal 16 Mei 2024 dilaksanakan Asesmen Lapangan yang diselenggarakan secara hybrid.

Setelah diskusi antara Tim Asesor dan Jajaran Pimpinan UT, dilanjutkan dengan tahapan sinkronisasi data melalui wawancara Asesor Lapangan dengan para dosen, pegawai/tendik, pengguna lulusan, mahasiswa, alumni, dan mitra. Bagian paling krusial dari proses ini adalah pembacaan Berita Acara oleh Tim Asesor dan diskusi hasil Berita Acara antara Tim Asesor, Jajaran Pimpinan UT, dan Tim Akreditasi.

Komitmen Terhadap Kualitas

Rektor UT menyatakan bahwa kualitas proses penyelenggaraan Pendidikan Tinggi Terbuka dan Jarak Jauh (PTTJJ) dipelihara dengan sertifikasi dari the International Council for Open and Distance Education (ICDE). Strategi operasionalisasinya dituangkan dalam milestone tahapan strategis 2021-2035, yang meliputi:

  • Tahap I (2021-2025): Menuju Integrasi Jejaring Cyber University
  • Tahap II (2026-2030): Menuju Ekosistem Pendidikan Digital
  • Tahap III (2031-2035): Menuju Ekosistem Digital yang Tangguh

Terimakasih dan Apresiasi

Rektor UT mengucapkan rasa syukur atas pencapaian UT saat ini. “Alhamdulillah melalui perjuangan yang sangat panjang, kerja keras, dan komitmen dari seluruh pimpinan dan staf, pada 2 Juli 2024, UT mendapatkan Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) ‘A’ dari Badan Akreditasi Nasional – Perguruan Tinggi (BAN-PT),” ungkapnya. Beliau juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang luar biasa kepada seluruh keluarga besar UT serta pihak terkait yang telah berkontribusi dalam pencapaian prestasi tertinggi ini. "Tentunya untuk mencapai hasil ini bukanlah hal yang mudah untuk UT, terdapat banyak aspek yang harus UT maksimalkan agar dapat mencapai hasil tersebut," tambah Rektor UT.

Dengan perolehan akreditasi ini, UT berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas mutu dan layanan, demi memberikan pendidikan tinggi berkualitas bagi seluruh rakyat Indonesia yang ingin mengenyam pendidikan tinggi secara jarak jauh meskipun memiliki berbagai keterbatasan